Breaking News

Tips Tepat Memilih Obat Batuk untuk Bayi

Tips Tepat Memilih Obat Batuk untuk Bayi

Sering kali Anda pasti tidak tega melihat bayi terserang batuk. Orang tua harus tahu hal apa yang ditempuh saat bayi menderita batuk secara tiba-tiba. Sebaiknya Anda tidak panik terlebih dulu. Kenali obat batuk untuk bayi yang aman untuk bayi Anda. Berikut tips memilih obat batuk bayi yang aman.

Jangan Beri Obat Tambahan

Jika si kecil sudah Anda berikan obat khusus untuk meredakan batuknya, maka jangan berikan lagi obat tambahan seperti obat nyeri atau obat apa pun. Lakukan pemberian obat tambahan hanya dengan resep dokter. Kombinasi obat yang tidak sesuai akan membuat bayi Anda semakin sakit.

Jika Memungkinkan Pilih Bahan Alami

Bahan alami sebagian besar tidak memiliki efek samping yang berbahaya. Jika memungkinkan Anda bisa mencoba cara tradisional untuk menyembuhkan batuk bayi dengan meminumkannya obat dari bahan alami seperti madu atau bunga belimbing sayur. Jika obat alami ini tidak memiliki hasil yang terlihat maka Anda baru bisa membeli obat apotek.

Baca Label dengan Benar

Pada kemasan obat selalu ada petunjuk penggunaan. Sebaiknya Anda membaca petunjuk dosis yang diminum dan jangka waktu tiap minum obat ini dengan cermat. Kesalahan dosis akan membahayakan jiwa bayi Anda karena bisa overdosis.

Jangan Menaikkan Dosis

Para ibu biasanya sering tidak sabar kalau sakit anaknya tidak kunjung sembuh. Anda sengaja menaikkan dosis obat tanpa sepengetahuan maupun konsultasi dengan dokter terlebih dulu. Jangan sampai hal ini terjadi. Bisa saja dalam menaikkan dosis yang pertama kondisi bayi baik-baik saja. Namun jika dilakukan secara terus menerus bisa merusak organ dalam bayi Anda.

Berikan Obat Khusus Sesuai Usia

Setiap obat memiliki takaran dosis yang berbeda-beda. Produsen obat tentunya sudah bekerjasama dengan ahli medis untuk membuat obat tertentu. Sehingga Anda harus memberikan obat sesuai usia bayi Anda. Jika bayi Anda masih berusia enam bulan maka jangan memberikan obat batuk untuk bayi di atas satu tahun.

Gunakan Alat Pengukur yang Tepat

Saat memberikan obat batuk kepada bayi Anda, jangan sampai salah saat menggunakan alat ukur. Penggunaan alat ukur yang tepat bisa berpengaruh pada kesembuhan bayi. Jika dianjurkan memakai sendok teh maka jangan gunakan sendok makan atau cup.

Perhatikan Jenis Obat

Setiap jenis obat memiliki kegunaan masing-masing. Jika anak Anda panas maka obat yang tepat digunakan yaitu paracetamol. Jika anak mual maka yang dipilih yaitu antihistamin dan sebagainya. Kesalahan dalam pemilihan jenis obat bisa membuat batuk tidak kunjung sembuh, bahkan bisa berbahaya bagi bayi.

Saat bayi Anda batuk berikan obat batuk untuk bayi yang tepat. Lakukan pemilihan yang cermat agar batuk yang diderita anak Anda cepat sembuh. Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter untuk menentukan jenis dan dosis obat batuk. Jangan sampai salah memilih obat untuk bayi. Berikan pengobatan terbaik untuk anak Anda.

shares